Inspiratif

Tokoh Bicara Tentang Mooryati Soedibyo

MajalahMarsya.com – Perempuan tangguh ini, banyak mendapatkan aspirasi dari tokoh-tokoh di Indonesia, berikut ini beberapa tokoh memberikan penilaian terhadap sosok Mooryati Soedibyo:

Jusuf Kalla
Yang berhasil mencapai usia 87 (kini 90) tahun banyak, tetapi yang di usia 87 (90) tahun tetap cantik da sehat ya hanya Ibu Moor.

Irman Gusman

Pertama, beliau adalah wanita yang sangat aktif dan penuh energi. Ketika itu di usianya yang ke-76 tahun, tetapi sangat bersemangat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan disiplin selama menjadi anggota dan pimpinan lembaga negara (DPD dan MPR). Beliau menjadi contoh bagi politisi dari generasi yang lebih muda. Malu rasanya kalau seorang ibu yang sudah tiga perempat abad lebih, tetap semangat dan berdisiplin, sementara yang lebih muda tak bisa mengikutinya.

Kedua, Ibu Mooryaati adalah sosok tokoh wanita yang mampu mentransformasi diri secara luar biasa. Beliau adalah keturunan bangsawan, cucu Sri Susuhunan Paku Buwono X dari Keraton Surakarta, lalu mampu mentransformasi diri keluar dari kungkungan keraton menjadi wanita Indonesia modern sebagai pengusaha, politisi, aktivis dan pejuang kaum perempuan.

Ketiga, sebagai pengusaha, beliau sangat visioner dan inovatif, karena mampu mengangkat produk tradisional, berhasil menjadikan jamu yang merupakan produk budaya lokal hingga menjadi produksi nasional yang dikenal secara luas di mancanegara. Saat ini, produk jamu PT Mustika Ratu yang didirikan dan dipimpin Ibu Mooryati sudah diekspor ke lebih dari 20 negara di dunia. Tidak banyak produk kosmetik atau obat-obatan dari Indonesia yang mampu menembus pasar global seperti produk jamu Mustika Ratu.

Keempat, dengan kiprah dan success story mengembangkan produk jamu, serta kebiasaannya yang konsisten mengenakan pakaian kebaya, Ibu Mooryati menurut saya adalah sosok wanita Indonesia sejati yang bangga dengan budaya sendiri dan memiliki cinta tanah air (nasionalisme) yang tinggi.

Kelima, beliau adalah seorang wanita pengusaha pionir yang inovatif dan kreatif. Selain sebagai pelopor industri jamu modern, PT Mustika Ratu adalah perusahaan sejenis pertama yang go public ke pasar saham. Kepeloporan Ibu Mooryati juga ditunjukkan bahwa jauh sebelum orang bicara mengenai industri kreatif, beliau sudah melakukannya.

Baca Juga :  Eksotisme Tenun Sumba yang Memikat

Prof Firmanzah
Saya tertarik mengupas sekilas tentang kiprah beliau sebagai wirausaha sukses. Kepemimpinan Mooryati Soedibyo dalam mendirikan, mengembangkan dan menjamin keberlangsungan perusahaan patut menjadi contoh bagi wirausaha muda Indonesia. Ibu Mooryati telah sukses membawa PT Mustika Ratu Tbk yang awalnya perusahaan berskala mikro dan dijalankan dari garasi rumah menjadi perusahaan terbuka berskala internasional.

Sebagai pendiri perusahaan, nilai dan prinsip hidup Ibu Mooryati mewarnai budaya perusahaan untuk terus maju dan berkembang. Semangat kewirausahaan dan inovasinya diterjemahkan ke dalam proses inovasi baik usaha dan produk yang yang tiada henti. Ibu Mooryati adalah wirausaha yang tidak kenal lelah untuk terus belajar dan melakukan berbagai macam terobosan guna membuat semuanya menjadi lebih baik. Nilai-nilai Jawa yang adiluhur juga menjadi pegangan hidupnya. Hal ini juga terlihat dari perjalanan PT Mustika Ratu yang praktis tidak memiliki sisi kontroversial bagi sebuah korporasi besar. Hubungan industrial antara PT Mustika Ratu dengan pemerintah, pelanggan, distributor, karyawan dan masyarakat di mana pabrik Mustika Ratu berada, terjadi secara harmonis. Inilah cerminan nilai Jawa “Memayu Hayuning Bawono (memperindah keindahan dunia) dan sugih tanpa bandha, digdaya tanpa aji, nglurung tanpa bala tanpa ngasorake” yang dipegang teguh oleh Ibu Mooryati.

Menurut saya keberhasilan terbesar Ibu Mooryati adalah memadukan nilai-nilai dan semangat budaya Jawa yang sering dianggap tradisional dengan profesionalisme dan manajemen modern. Suatu hal yang semakin langka dan jarang kita temui di tengah globalisasi yang seringkali menjelma menadi proses “westernisasi.” Ibu Mooryati telah mampu memadukan aspek tradisi dengan manajemen perusahaan yang modern berbasis profesionalisme dan kinerja. Komitmen Ibu Mooryati Soedibyo dengan manajemen mutu baik dalam proses produksi maupun pengelolaan administrasi dan sistem IT perusahaan menjadi salah satu sumber administrasi dan sistem IT perusahaan menjadi salah satu sumber keunggulan bersaing (source of competitive advantage) perusahaan. Hal ini juga yang menjelaskan keberhasilan Ibu Mooryati Soedibyo menjadikan PT Mustika Ratu mampu bertahan melewati sejumlah krisis ekonomi baik nasional maupun global.

Baca Juga :  Tenun dan Martabat Pengantin Sikka

Ibu Mooryati sangat menyadari bahwa aspek keberlanjutan perusahaan merupakan hal strategis bagi terjaminnya kelangsungan hidup perusahaan. Langkah berani dan strategis yang ditempuh adalah ketika harus mengambil keputusan untuk melakukan initial public offering (IPO) di pasar modal, ini merupakan keputusan strategis untuk membuat perusahaan lebih sustainable. Dengan menjadi perusahaan terbuka (Tbk), PT Mustika Ratu telah mengikuti kaidah-kaidah pengelolaan perusahaan modern mulai dari laporan keuangan, sistem dan prosedur perusahaan, lingkungan hidup dan sosial, profesionalisme pengelolaan, tata kelola perusahaan dan hubungan industrial.

Visi Mooryati untuk mengembangkan bisnis Mustika Ratu keluar dari pasar Indonesia dilakukan melalui ekspansi produk baik di Asean, Eropa dan Asia Timur. Strategi masuk ke pasar internasional tidak dilakukan melalui mekanisme ekspor saja, tetapi juga melalui investasi langsung ke luar negeri. Ibu Mooryati telah menjadikan salah satu lini bisnis Mustika Ratu yaitu spa masuk ke sejumlah negara seperti Kanada dan beberapa negara di Eropa. Mekanisme go-internasional yang dilakukan sangat beragam dari mulai ekspor, franchise, marketing representative dan join venture. Memiliki wilayah operasi global membutuhkan struktur dan budaya organisasi yang baik dan canggih. Baik dari sisi rentang kendali, pengelolaan sumber daya manusia, keuangan, strategi marketing sampai dengan sistem informasi dan teknologi. Di bawah kepemimpinan Ibu Mooryati, operasi Mustika Ratu di berbagai negara dan kawasan menunjukkan bawa perusahaan ini telah menjadi perusahaan berkelas dunia. Berkat inilah produk-produk jamu, produk ritel spa dan spa (Taman Sari Royal Heritage) telah mendunia dan dikenal sebagai salah satu referensi produk kencantikan asli Indonesia.

Ibu Mooryati menyadari bahwa untuk bisa terus kompetitif di pasar yang tingkat persaingannya sangat tinggi, inovasi perlu terus dilakukan. Inovasi tidak hanya terjadi di tingkat produk dan jasa tetapi juga di lini bisnis. Di tingkat produk dan jasa, Ibu Mooryati telah mendiferensiasi produk jamu dan kecantikan dengan berbagai ragam fungsi dan kemasan menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Ekspektasi konsumen yang menuntut produk berkualitas dengan harga bersaing telah mendorong Ibu Mooryati untuk tidak pernah berhenti melakukan proses inovasi di lini produk dan jasa. Selain itu, lini bisnis Mustika Ratu dilengkapi dengan lini bisnis hotel, lembaga pendidikan dan properti yang menunjang core-bisnis Mustika Ratu sebagai perusahaan penghasil produk-produk kecantikan dan herbal.

Baca Juga :  Menilik Lika – Liku Kisah Cinta Anna Mariana dan Tjokorda

Yudi Latif
Pebisnis yang berhasil belum tentu menjadi pekerja politik yang berhasil. Di dalam bisnis, keberhasilan dilihat dari kesanggupan seseorang dalam mendatangkan keuntungan yang bersifat pribadi. Sedangkan dalam politik, keberhasilan diukur dari keberhasilan seseorang dalam turut mengembangkan demokrasi yang bersifat pelayanan.

Yang istimewa dari Ibu Moor adalah kesanggupannya menjadi pebisnis yang baik sekaligus pekerja politik yang baik. Pengertian politik di sini tidak terbatas pada politik kekuasaan sebagai pejabat negara, melainkan juga politik sebagai bentuk kepedulian warga negara dalam urusan umum.

Dalam kapasistasnya sebagai pejabat negara, ia secara gigih mendorong berbagai kerangka regulasi, komunikasi dan institusi yang dapat memperkuat peran keterwakilan perempuan dalam politik. Dalam kaitan inilah, dalam satu kesempatan saya sebagai analis politik diundang untuk turut memberikann pandangan seputar haal itu dalam suatu seminar yang diselenggarakan di ruang pertemuan yang ada lingkungan rumahnya.

Selain berjuang meningkatkan keterwakilan perempuan dalam politik, Bu Moor juga mencoba menerjemahkan perhatianya pada isu-isu kesejahteraan umum dengan berkontribusi besar dalam upaya-upaya pemberdayaan daerah lewat berbagai produk perundang-undangan yang berkaitan dengan otonomi daerah dan desentralisasi tata kelola negara. Ia juga secara baik menggunakan kapasistasnya sebagai Wakil Ketua MPR untuk terus mempromosikan berbagai usaha dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa terutama dalam mengembangkan pendidikan kewirausahaan dan penciptaan usahawan-usahawan muda serta berbagai program pelatihan keterampilan yang ditujukan terutama bagi kaum wanita marjinal. Last but not least, ia juga terus aktif terlibat dalam berbagai forum internaional terutama yang dalam memperjuangkan tatanan kehidupan dunia yang berkeadilan dan berkedamaian, khususnya yang terkait dengan isu-isu kewirausahaan dalam kerangka peningkatan kesejahteraan bangsa-bangsa serta pemberdayaan perempuan sebagai wahana penciptaan kehidupan yang damai-berkeadilan.

Tokoh Bicara Tentang Mooryati Soedibyo
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top