Inspiratif

Menerobos Tradisi Memasuki Dunia Baru

sumber foto : tribunnews

MajalahMarsya.com – Pada tahun 2016 atau bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-88, Mooryati menerbitkan buku bigrafi-nya. “Menerobos Tradisi Memasuki Dunia Baru” demikian judul buku dengan jumlah 420 halaman tersebut. Cukup menarik ia mengulas dalam artikel epilog dan epilog sebagaimana berikut ini. Ia antara lain mengatakan, tidak menolak tradisi, tetapi sebaliknya tetap mencari peluang untuk merespon, mencintai kearifan lokal, budaya dan tradisi yang ditekuninya sejak kecil.

“Menerobos” didasarkan pada landasan bahwa tidak meninggalkan filosolfi, budaya yang adiluhung dan tradisi leluhur yang telah dipelajariya sejak usia 3 tahun. Ia melihat perubahan-perubahan terbuka bagi siapa pun, memberi kesempatan dan peluang untuk memasuki kesempatan baru ini dengan tetap memegang teguh budaya, adat istiadat dan tradisi dalam mengarungi kehidupan.

“Terobosan” dilakukan untuk mempersiapkan diri memasuki dunia yang terbuka bagi siapa pun, dunia yang selalu berubah dengan kesempatan-kesempatan, perkembangan dan perkembangan teknologi baru. Dengan kata lain, terobosan yang dilakukan lebih untuk melestarikan tradisi, filosolfi dan pelajaran-pelajaran hidup, yang sesuai dengan kearifan lokal (local wisdom) yang baik dan menyesuaikan dengan perubahan zaman. Mooryati melakukan sejumlah terobosan!

Baca Juga :  4 Terobosan Mooryati Soedibyo Dalam Hidupnya
Menerobos Tradisi Memasuki Dunia Baru
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top