Interior

Mewah dan Elegan, Kain Etnik untuk Interior Rumah

MajalahMarsya.com – Bosan dengan interior rumah yang begitu terus? Coba deh ganti dengan interior etnik, yakni interior dengan nuansa tradisional dengan menampilkan berbagai jenis kain seperti kain tenun ikat, kain songket, kain batik dan jenis kain lainnya.

Indonesia memiliki banyak jenis kain yang sungguh indah, Daerah-daerah di Indonesia yang terkenal dengan kain ikat di antaranya: Toraja, Sintang, Jepara, Bali, Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores, dan Timor. Kain gringsing dari Tenganan, Karangasem, Bali adalah satu-satunya kain di Indonesia yang dibuat dari teknik tenun ikat ganda (dobel ikat).

Kain-kain ini tidak hanya digunakan untuk busana, tapi juga digunakan untuk interior baik rumah maupun perkantoran. Rumah akan terlihat lebih elegan dengan kain-kain tradisional, misalnya menggunakan desain kain tenun ikat dari daerah Sumba atau Bali, hanya cukup digantungkan di dinding, akan menambah keelokan ruangan. Kain tenun ikat juga indah jika digunakan sebagai taplak meja atau irai batas antar ruangan.

Kain songket lebih tepat diletakkan sebagai tirai untuk menciptakan nuansa etnik. Alasannya karena dari segi permainan warna, kain songket lebih terlihat terang untuk gorden dibandingkan jenis kain khas nusantara yang ada. Gorden akan terlihat lebih menarik dan lapang dengan desain kain songket.

Ruang tamu sebagai tempat menerima tamu mampu, dengan interior etnik akan memberikan kesan etnik sempurna. Tamu akan memberikan kesan berbeda kepada pemilik rumah ketika ruang tamu mampu disuguhkan secara menarik. Ruang keluarga sebagai tempat berkumpul keluarga akan lebih menyatukan suasana dengan desain etnik

Kain tenun juga banyak digunakan untuk sarung bantal kursi ruang tamu hingga kamar tidur. Bahkan untuk taplak meja juga dapat menggunakan desain kain tenun. Motif tenun yang beranekaragam membuat kain tenun tidak pernah bosan untuk desain interior ruangan.

Baca Juga :  Inilah Hasil Penelitian Terhadap Cuka Apel

Berikut tata desain interior ruangan menggunakan kain etnik khas nusantara.

Ruang tamu dengan sentuhan etnik pada sarung bantal, akan menambah cantik ruangan rumah Anda.

Ruang makan dengan sentuhan etnik pada taplak meja dan hiasan dinding, akan menambah keanggunan ruangan.

Ruang keluarga dengan sentuhan etnik disegala pernak perniknya,mambuat ruangan tampak ceria.

Ruang kamar tidur, dengan berbagai kreasi etnik akan membuat nyaman untuk beristirahat

Mewah dan Elegan, Kain Etnik untuk Interior Rumah
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top