Fashion

Eksotisme Tenun Sumba yang Memikat

MajalahMarsya.com – Popularitas tenun Sumba saat ini sudah mendunia. Kekayaan budaya Sumba luar biasa. Para desainer Indonesia saat ini menjadikan tenun Sumba sebagai komoditas yang dijual ke pentas nasional hingga internasional. Walau Pulau Sumba adalah sebuah daerah tandus yang ditumbuhi sabana dan stepa namun alamnya tetap eksotis.

Tenun Sumba asli hanya terdiri dari dua warna saja, yaitu biru tua dan merah. Sisanya merupakan hasil dari modernisasi. Mempelajari kekayaan makna kain tradisional Indonesia memang tak ada habisnya.

Motif kain Sumba identik dengan kuda. Bagi masyarakat Sumba, kuda merupakan simbol kepemimpinan. Ayam juga memiliki makna yang sama bagi masyarakat Sumba, karena perilaku ayam yang selalu berjalan di depan, diikuti oleh anak-anaknya. Selain itu, ada motif kakatua yang menyimbolkan persatuan. Selain itu, ada juga motif buaya sebagai simbol raja dan motif kura-kura sebagai simbol ratu.

Juga tenun bermotifkan manusia telanjang yang sedang menari. Maknanya, di hadapan Tuhan itu tidak ada yang tersembunyi. Intinya, permenungan akan transendensi alam menjadi corak utama.

Semua ini nampak pada pakaian yang dikenakan pasangan dalam gambar ini. Terlihat motif merah dan biru mendominasi, dan dipadukan dengan penggambaran motif yang memakai benang putih.

Tenun Sumba yang sudah mendunia itu semakin bernilai di tangan desainer Anna Mariana. Ia menjadikan tenun Sumba menjadi corak megah dan indah dari pasangan muda ini. Tak usah jauh-jauh ke Sumba kalau ingin mengenal tenun ini. Anda tinggal menyiapkan waktu dan datang ke butik House of Marsya. Semua tersedia di sana. Sudah saatnya masyarakat Indonesia berpaling pada kekayaan wastra Tanah Air yang sangat kaya.

Baca Juga :  Menilik Lika – Liku Kisah Cinta Anna Mariana dan Tjokorda
Eksotisme Tenun Sumba yang Memikat
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top