Gaya Hidup

Cuka Apel Si Obat Ajaib

sumber foto : runtastic

MajalahMarsya.com – Begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari cuka apel, tidak hanya untuk membakar lemak, cuka apel juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Selama berabad-abad orang telah menggunakan cuka apel alami sebagai makanan dan obat-obatan. Hippocrates, bapak kedokteran modern, telah menggunakan cuka yang dicampur dengan madu, sebagai minuman energi dan ramuan penyembuhan.

Baru-baru ini, manfaat kesehatan dari cuka sari apel telah dipromosikan oleh banyak penulis terkenal seperti Dr Jarvis, Paul C. Bragg dan Patricia Bragg. DC Jarvis. Mereka sangat terkesan dengan khasiat cuka apel, sehingga menulis sebuah buku tentang pengamatan dan eksperimentasi dengan cuka apel, yang sangat bermanfaat tidak hanya untuk manusia tapi juga hewan.

DC Jarvis seorang dokter dari Vermont, mencatat bahwa cuka apel adalah ‘obat rumah’ yang ia gunakan untuk mengobati berbagai penyakit, dan berhasil mengobati sejumlah penyakit umum, sakit dan nyeri.

Untuk Kesehatan
Cuka apel adalah cairan yang dibuat oleh fermentasi jus apel. Yaitu apel dihancurkan, lalu disaring, terjadi fermentasi ketika ragi dan gula ditambahkan pada jus apel tersebut. Cuka apel ini telah digunakan selama ratusan tahun sebagai minuman kesehatan.

Cuka apel mengandung sejumlah vitamin, beta-karoten, pektin dan mineral penting seperti kalium, natrium, kalsium magnesium, fosfor, klor, belerang, besi fluor. Semua kandungan ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Paktin dalam cuka apel adalah serat yang membantu mengurangi kolestrol jahat dan membantu dalam mengatur tekanan darah. Kebutuhan kalsium sangat dibutuhkan tubuh terutama saat Anda beranjak tua. Dan cuka apel membantu mengekstrak kalsium dari sayuran, buah-buahan dan daging sehingga bisa membantu agar tulang Anda kuat. Tahukah Anda kekurangan kalium dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk rambut rontok, kuku jari yang melemah, gigi rapuh dan sinusitis dan cuka apel juga dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan kalium,

Baca Juga :  Menerobos Tradisi Memasuki Dunia Baru

Semua penyakit ini dapat dihindari dengan asupan cuka apel. Kalium dalam cuka ini juga membantu dalam menghilangkan limbah beracun dari tubuh. Cuka sari apel mengandung asam malat yang sangat membantu dalam memerangi infeksi jamur dan bakteri. Asam ini melarutkan deposit asam urat yang terbentuk di sekitar sendi, membantu meredakan nyeri sendi. Asam urat secara bertahap dihilangkan dari tubuh.

Hal ini menyatakan bahwa cuka sari apel sangat membantu dalam penyakit seperti sembelit, sakit kepala, arthritis, tulang lemah, pencernaan, kolesterol tinggi, diare, eksim, sakit mata, kelelahan kronis, keracunan makanan ringan, rambut rontok, tekanan darah tinggi, obesitas, bersama dengan sejumlah penyakit lainnya. Tidak heran jika kemudian banyak yang tahu cuka apel sebagai “Obat Ajaib”.

Sari Apel untuk Berat Badan
Pada tahun 1950 Dr. DC Jervis, seorang dokter di Vermont menulis sebuah buku yang mengatur penggunaan mengkonsumsi cuka apel sebagai penurun berat badan. Dia mengklaim bahwa mengkonsumsi sari apel akan membakar lemak dan lemak tidak akan tersimpan di dalam tubuh, selain itu cuka apel ini akan mengikat kolestrol dan mengelurkannya dari dalam tubuh.

Cuka apel baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Sangat membantu dalam penurunan berat badan secara alami dan tentu saja dapat membakar lemak sehingga tubuh Anda pun sehat dan ramping.

Kecantikan
Mengkonsumsi cuka apel secara rutin dapat menghilangkan ruam kulit ringan dan tekstur kulit juga meningkat, kulit Anda akan bersinar dan bercahaya secara alami. Selain itu kandungan beta karoten dalam cuka apel membantu dalam melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, membantu menjaga kulit lebih kencang dan penampilan Anda akan tampak lebih muda.

Baca Juga :  Inilah Hasil Penelitian Terhadap Cuka Apel

Cuka apel diperkirakan dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala dan mencegah pertumbuhan berlebih dari Malassezia furfur, jamur ragi yang memicu timbulnya ketombe. Campuran cuka biasanya dituangkan ke dalam botol semprot dan menyemprot pada rambut dan kulit kepala, hindari daerah mata dan telinga. Selembar handuk dililitkan ke kepala dan tunggu sampai 15 menit sampai satu jam. Setelah itu, rambut dicuci. Lakukan satu sampai dua kali dalam seminggu untuk menghindari ketombe dari kepala Anda.

Bila menggunakan cuka sari apel untuk mengobati jerawat, beberapa praktisi merekomendasikan alternatif pencampuran satu bagian cuka apel dengan tiga bagian air. Larutan tersebut kemudian dioleskan ke jerawat. Agar kulit Anda tidak kering, maka cuka apel sebaiknya hanya digunakan pada jerawat.

Cara Mengkonsumsi
Cara terbaik untuk mengkonsumsi cuka apel adalah pagi hari. Campur dua sendok makan cuka apel dan juga madu dalam satu gelas air dan minumlah di pagi hari. Tambahkan madu untuk memberikan rasa manis, selain itu juga menambahkan madu akan meningkatkan manfaat kesehatan bagi Anda. Mungkin Anda akan merasakan sedikit rasa asam, tapi bila Anda tahu manfaat besarnya, maka tidak akan terasa rasa asam tersebut.

Dengan meminumnya setiap pagi, maka Anda akan terhindar dari simbelit yang merupakan salah satu penyebab utama dari penyakit seperti sakit kepala, suasana hati yang buruk, kurang tidur, perasaaan lesu sepanjang hari. Setelah masalah sembelit diselesaikan, semua gejala lainnya menghilang segera, membuat Anda lebih segar sepanjang hari dan sangat aktif.

Anda juga dapat menikmati manfaat dari cuka apel dalam banyak cara lain. Gunakan cuka apel untuk salad. Cuka apel bisa sebagai pengganti minyak yang dituangkan di atas salad. Tidak hanya enak tapi jauh lebih sehat tentunya.
Gunakan cuka ini untuk acar berbagai macam buah-buahan dan sayuran. Gunakan juga untuk pengasinan daging sapi, domba, ikan dan berbagai daging lainnya bagi penyuka makan daging. Rendaman ini tidak hanya akan membantu sebagai penyedap, tetapi juga dilengkapi dengan semua manfaat kesehatan yang telah disebutkan di atas.

Baca Juga :  DR Hj. BRA. Mooryati Soedibyo, Sang Penerobos Tradisi
Cuka Apel Si Obat Ajaib
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top